Sabtu, 30 Juli 2011

PROSES

semua yang kita jalani di dunia ini butuh proses
tidak semua proses yang kita lalui itu indah
tidak selamanya sesuai dengan kehendak kita
mungkin saat ini ada sesuatu yang tidak bisa menyatukan satu individu dengan yang lain
atau satu komunitas dengan komunitas lain
tapi yakini dan percayalah bahwa bilamana seseorang bisa melalui proses tersebut
terkhusus dengan penuh kesabaran dan ketekunan
yakini anda bisa mencapai sesuatu yang jauh lebih baik

apabila anda sudah memilih
janganlah anda sesali pilihan anda
berfikirlah dua kali sebelum anda berbicara
dan apabila nubuat anda itu salah jangan ragu untuk meminta maaf dan akui kesalahan
benahi hubungan yang sudah anda kacaukan tadi
semua itu pilihan
kita sebagai manusia harus memilih
apapun itu resikonya jalanilah
jangan takut untuk memilih karena hidup adalah pilihan
dengan segala resiko yang harus anda tanggung
dan jangan takut untuk menghadapi masa depan anda
karena semua itu adalah siklus

statement terakhir
seseorang itu sangat berharga apabila sudah tidak ada lagi di sekitar anda
seperti cinta.
bisa sangat menyenangkan, bisa sangat menyakitkan.

jadilah terang dan garam dunia. syalom

berhentilah menjadi gelas

selamat sore, immanuelle, syalom
ada satu kalimat orang bijak yang menurut saya sangat baik untuk rekan rekan ketahui. kalimat bijak ini adalah karya dari david brinkley yang berbunyi seperti ini
" orang sukses adalah dia yang dapat meletakkan landasan yang kuat dengan bata yang dilemparkan oleh orang lain kepada dirinya "
kalimat bertanda kutip tersebut adalah benar adanya menurut saya.

Meletakkan landasan yang kuat adalah menaklukkan diri sendiri terlebih dahulu. diri sendiri sejatinya dapat menjadi kekuatan bagi kita dan orang lain di sekitar kita, tetapi sejatinya juga diri sendiri juga mampu menjadi musuh bagi diri sendiri maupun orang lain di sekitar kita bilamana kita tidak bisa mengatur diri kita untuk menjadi sebuah bait allah yang tuhan berikan untuk kita. kenalilah diri anda terlebih dahulu. jadilah pribadi yang siap untuk dipimpin sebelum anda memimpin orang lain. jadilah pendengar yang baik sebelum anda menjadi pembicara yang handal. dan yang terutama jadilah pribadi yang menghargai orang lain sebelum anda ingin dihargai oleh orang lain.

Dari kalimat bijak tersebut ada bagian kalimat kedua yang berbunyi dengan bata yang dilemparkan oleh orang lain kepada dirinya. bata tersebut adalah konflik atau permasalahan dimana setiap manusia pasti mempunyai konflik. tapi harus diketahui apabila kita bijak hadapi konflik tersebut, konflik tersebut bisa menjadi sesuatu yang positif dan membantu kita untuk memperkuat landasan pribadi kita.

menjadi tua itu pasti, akan tetapi menjadi dewasa itu adalah sebuah pilihan yang sangat sulit untuk diperbuat. hidup kita itu semua kita yang atur. setiap masalah dalam hidup kita seperti segenggam garam. tidak kurang, tidak lebih. hanya segenggam garam. banyaknya masalah dan penderitaan yang harus rekan rekan alami sepanjang hidup rekan rekan itu sudah diketahui oleh tuhan, sesuai untuk dirimu. jumlahnya tetap, segitu segitu saja, tidak berkurang tidak bertambah. setiap manusia yang lahir ke dunia ini pun demikian. tidak ada satu pun manusia, walaupun dia seorang yang sakti bebas dari penderitaan dan permasalahan. rasa asin dari penderitaan yang kita alami itu sangat tergantung dari besarnya hati yang menampungnya. jadi, supaya kita tidak menderita, berhentilah menjadi gelas yang bak kapal keruk selalu menampung segala hal yang belum tentu baik dan semuanya bisa tumpah karena kapasitas yang sedikit. jadilah hati dalam dadamu itu sebesar danau yang lapang, hati yang penuh ucapan syukur dan yang sanggup menampung setiap perkara yang terjadi di dalam hidup kita.

GBU.

Jumat, 29 Juli 2011

kesuksesan yang tertunda untuk rekan saya PS

halo rekan rekan, syalom
ini hari pertama kali saya sempat untuk membuka laptop saya. dengan kondisi yang cukup baik walau dengan keadaan sekitar yang sedang tidak begitu kondusif.
setiap orang pasti punya permasalahan, dan hal ini menimpa sahabat saya. ya sahabat saya ada yang tertimpa musibah sanksi akademis sehingga ada yang harus lepas dari jalur nya sekarang. atau dengan kata lain tidak bisa bersama sama lagi saat kelulusan pendidikan kami. 
keputusan adalah keputusan, dan nasi sudah menjadi bubur. sekarang, saat kami bertemu beliau kami hanya bisa berkata. sabar ya, semua itu tuhan yang atur. tidak ada kata lain selain memotivasi nya.
kesalahan adalah kesalahan tetapi tidak selamanya kesalahan itu diperbuat akibat dari ulahnya sendiri. ada orang berbuat kesalahan demi kebaikan,yah walaupun harus mengorbankan sesuatu untuk dirinya.
tetapi ingatlah, apabila kita terjatuh dengan prinsip kita yaitu kebenaran. tak lama lagi kita pasti akan bangkit dan lebih dari sukses yang pernah kita raih. perrcayalah bahwa kebenaran itu akan mengalahkan segalanya.
begitupun yang dialami sahabat saya tersebut. dia terjatuh bukan karena kesalahannya. tetapi karena niat baik untuk berkorban demi orang lain dan walaupun ada pihak yang tidak menyukainya. 
saya yakin. mutiara itu tetap menjadi mutiara sekalipun ditaruh didalam air keruh sekalipun. berbeda dengan kertas, apabila ditaruh ke dalam air keruh akan pudar sobek dan tidak berbentuk lagi. saya yakin sahabat saya adalah mutiara dan akan tetap menjadi terang dan garam dunia. semangat kawan, kami semua yakin engkau akan menjadi yang lebih baik. memang proses yang kamu rasakan sekarang tidak enak, tetapi yakinlah ini jalan terbaik yang tuhan beri buat kamu. tetap fokus.

seperti tertulis dalam filipi 4:13 yang merupakan ayat penguat bagi saya
"segala perkara dapat kutanggung dalam nama Dia yang memberi kekuatan bagiku". Amin.

nb : - berkarya untuk kemulianNya
      - menjadi terang dan garam untuk semua yang Bapa titipkan
      - fokus pada satu tujuan yaitu keberhasilan bagiNya

Sabtu, 16 Juli 2011

batu karang dan kerikil kecil

syalom,
apa kabar rekan rekan? begitu besar permohonan maaf saya karena blog ini baru hari ini terisi.
bila anda tahu, keadaan tidak memungkinkan bagi saya untuk menulis dalam waktu yang bebas karena tuntutan akademis saya.
setiap orang pasti pernah jatuh. dan jatuhnya seseorang itu bukan disebabkan oleh batu karang yang besar melainkan karena kerikil kerikil kecil dalam kehidupannya. begitupun bagi setiap orang. itu pasti dan yakinlah yang membuat anda jatuh bukanlah masalah akademis anda atau finansial tetapi masalah sikap nurani dan kelakuan anda yang sering membuat anda jatuh dan terjerumus ke dalam hal hal yang tidak sesuai dengan aturan dan hukum.
kerikil kerikil tersebut sangatlah kompleks tergantung kita sebagai sudut pandang apa yang memakainya.
dan semua sudut pandang itu dapat saya ambil hikmah. saya sadari mungkin kemarin saya masih labil, dan sekarang saya mencoba untuk menyelesaikan permasalahan dari sudut pandang yang lain. apapun keputusan yang orang lain ambil yakinilah bahwa setiap orang memiliki prinsip sendiri untuk berkata demikian. dan kita harus menghargai keputusan itu.

... sekarang saya mengerti apa yang menjadi tujuan hidup saya, maafkan atas kelakuan buruk saya yang sudah saya perbuat kepada anda sekalian yang tahu tentang masalah ini. saya sangat menghargai keputusan anda dan saya sangat mendukung anda dimanapun kapanpun dan bilamanapun. meskipun ada jarak dan waktu yang memisahkan kita tapi yakinilah saya selalu berdoa untuk anda sebagai seseorang saudara atau sahabat atau teman dan yang menyatukan hubungan kita. saya sadari situasi ini lebih nyaman untuk kita. dan saya akhirnya bisa berkata iya dan seperti yang bapa bilang kalau memang nanti harus satu, jalan itu pasti akan ada. yakinlah dan percayalah bahwa semua permasalahan yang anda hadapi dapat anda selesaikan dengan bantuan doa sehingga kerikil kerikil tersebut dapat berkurang atau bahkan hilang dari kehidupan anda....

GBU

Kamis, 07 Juli 2011

setiap orang ada waktunya, setiap waktu ada orangnya

syalom,
pasti anda bertanya tanya. kenapa blog ini terisi dengan cepat akhir akhir ini.
ya seiring dengan berjalannya waktu, saya mengatakan bahwa keadaan ini adalah waktu libur akademis sehingga waktu saya agak bebas bersama keluarga saya, teman teman saya dan orang orang yang ada dalam kehidupan saya.
pagi hari ini saya membuka lemari saya yang dahulu saya gunakan sehari hari saat saya masih bersekolah di sma metropolis di dki jakarta, bilangan kemang jaksel yang penuh dengan kehidupan glamor yang sungguh jetset life. dengan lifestyle yang sungguh tidak sehat terkadang kita sebagai manusia sering terjerumus ke dalamnya saat masalah mungkin menimpa hidup kita.
ok kembali ke laptop. saya membuka buku catatan saya sewaktu sma. buku ini penuh dengan lagu karangan saya sewaktu sma dahulu. dan saya terharu melihat dan mengingat jalan hidup saya. kehidupan saya dahulu sungguh tidak pernah membahagiakan orang tua saya. saya sering tawuran pelajar, cabut sekolah, dan rekan rekanannya yang anda tahu kehidupan pelajar sma jakarta. ada satu tulisan saya yang sungguh menyentuh hati saya. dan apabila saya melihat diri saya sekarang saya sungguh bersyukur kepada tuhan menempatkan saya di sebuah akademi yang sangat saya idam idamkan dulu. akademi kepolisian candi baru semarang yang sungguh harum dan indah namanya dimana rekan rekan tahu bahwa kiprahnya melahirkan pemimpin pemimpin bangsa indonesia. terima kasih Tuhan Engkau sungguh teramat sangat baik kepada ku yang berdosa dan lemah ini.
catatan itu berbunyi begini :
malam ini aku berteriak, berteriak dan mengangisi kegagalanku
hanya untuk hari ini saja, aku mencoba mengingat ingat
hanya malapetaka yang saya buat
aku menyesali diriku sendiri
lalu aku ambil buku lagu saya
saya menulis cerita ku ini
saat sejenak saya memulai menulis, kudengar suara mobil tentara keras sekali
ayahku baru saja pulang
aku berpura pura tidur kembali, menunggunya untuk selesai mandi, hingga ia tidur terlelap
saya mengambil buku lagu saya lagi, dan menulis ceritaku ini, cerita tentang kegagalanku
ini bukan saja yang pertama, tetapi ini berulang ulang kembali
setiap hari hari yang kujalani
kenapa aku selalu melakukan kesalahan dan kegagalan?
apa yang harus aku perbuat?

aku merasa rendah diri, saat melihat orang lain berhasil
aku tidak berani bermimpi tinggi,karena aku takut tidak bisa menggapainya
aku selalu merasa waktu berputar sungguh cepat, dan dewi fortuna menjauh dariku

oh Tuhan, Bapa, bantulah aku untuk menjadi diriku sendiri
oh Tuhan, Bapa, bimbinglah aku untuk menunjukkan pada nya
bahwa aku bisa menjadi kebanggaan

tetapi aku tidak bisa mewujudkan hal itu sekarang
karena setiap hal yang kulakukan selalu salah di matanya
tetapi aku tidak bisa sekarang, tak ada yang mendukung mimpiku
untuk menjadi kebanggaan dan sang pujaan.

demikian catatan itu bertuliskan, ingatlah segala sesuatu itu ada waktunya, dan setiap waktu ada orangnya. yakinlah apa yang anda cita citakan akan tercapai kelak dengan jalan dan kehendak yang diatur oleh yang di atas. permasalahan yang anda hadapi adalah jalan yang terbaik yang Tuhan kehendaki untuk anda. semangat lah karena hanya semangat yang bisa membuat anda bangkit. yakin dan percayalah anda bisa.

ada satu pesan saya untuk seorang gadis yang sangat saya sayangi. saya sangat berharap gadis itu membaca blog ini. saya sangat ingin dia menjadi orang yang berhasil kelak.
shine on mine, seperti yang km katakan kepada mas. must have self dicipline and motivation. mas yakin kamu bisa menggapai cita cita kamu. dan mas sangat mendukung dan mendoakan semua harapan dan cita cita mulia itu semua. mau yellow, atau aussi ataupun dimanapun kamu berada. ingatlah, emas apabila diletakkan di dalam comberan sekalipun akan tetap menjadi emas.
mas yakin kamu bisa menjadi terang dan garam dunia untuk kemuliaan Bapa, dan segala yang Beliau titipkan untuk kamu di dunia. Gbu

Selasa, 05 Juli 2011

antara realita dengan hati nurani

syalom,
ini kali pertamanya saya menulis karya saya dalam bentuk sebuah blog.
ada banyak alasan pribadi saya untuk melakukan hal ini, baik dari pengalaman hidup saya, cerita dari rekan rekan saya, pandangan hidup saya dan masih banyak lain koleganya yang berhubungan.
jujur saya agak miris melihat kenyataan yang mungkin bukan saya saja yang merasakan, tetapi anda sekalian sebagai manusia yang punya hati, akal, dan fikiran.
kenapa saya berkata seperti ini? yah, apakah anda berfikir bahwa kehidupan yang sekarang anda jalani itu sesuai dengan hati nurani anda?
saya rasa tidak. banyak dari jalan hidup kita yang menuntut kita untuk memakai sebuah topeng yang sungguh teramat berbeda dari pribadi kita yang sebenarnya. rasakanlah, topeng itu apakah ringan? apakah mudah? apakah enak anda pakai? saya rasa tidak. topeng itu menuntut anda untuk menjadi seperti rupa dan bentuk yang serupa.
hanya demi posisi, oportunitas dan rekan rekannya yang sangat bernuansa daging itu lah yang menuntut realita seperti ini. ironis. tapi apa buat, apa daya.
hidup sudah seperti ini, mau pekerjaan, cinta, keuangan ya semua nya krisis.
krisis akan yang namanya hati dan perasaan. bukannya kita bermaksud untuk main hati tetapi tidak. rasio memang penting untuk kita gunakan saat berfikir. tetapi apakah rasio juga hal yang mutlak untuk kita jadikan bahan pengambilan keputusan? tanya hati anda
bukan untuk merasa paling suci atau paling agamis dan rekannya.
tergugahlah.
belajarlah untuk menjadi seseorang yang ksatria.
akui segala kesalahan anda
belajarlah untuk siap menerima kenyataan yang harus anda jalani
bersediakah anda?
tanya hati anda